Senin, 29 November 2010

Benchmarking to NL (17. Excursion, Wageningen and Marjoland Roses), 17-11-2010

Kembali kita melakukan kunjungan lapangan seharian, kali ini dipandu oleh Ineke, ke dua tempat yang relatif berdekatan, yakni Wageningen Research Centre dan Roses Grower (Marjoland). Di lokasi pertama kita disuguhi dengan 3 (tiga) proyek inovasi pemanfaatan energi secara berkelanjutan terkait dengan pengembangan glasshouse yang tengah dilakukan oleh salah satu universitas sains terkenal negeri ini.

Memang semua proyek yang dijelaskan terkesan demikian sophisticated dan rasanya masih teramat jauh dari jangkauan kita untuk mengadopsinya. Namun semua ide dan gagasan untuk mengoptimalkan pemanfaatan energi yang tersedia di masing-masing wilayah, merupakan sesuatu yang layak dikedepankan dalam menghadapi tantangan masa depan.

Kunjungan berikutnya ke sebuah perusahaan besar (roses grower) yang dikendalikan oleh keluarga imigran Polandia. Dengan total luas pertanaman mencapai 20 hektar, semuanya didalam glasshouse, dan hanya memiliki tenaga kerja sebanyak 180 orang, lagi-lagi menunjukkan betapa efisiennya pengelolaan setiap perusahaan agribisnis yang kita kunjungi, tidak perduli apakah dikelola oleh orang Belanda asli maupun para imigran........

Satu kesan khusus yang diperoleh dari kunjungan ke Marjoland ini adalah bagaimana sang pengelola perusahaan (Johan, 2nd Generation of Polish family) demikian passioned dengan bidang usaha yang digelutinya. Berulang kali sang manajer muda ini mengungkapkan strategi dan kiat bisnisnya dengan muatan filosofi yang demikian mendalam................Sangat mengesankan dan memberikan motivasi bagi siapapun yang telah memantapkan pilihan usahanya untuk bergerak di bidang produksi aneka hasil segar pertanian, yang memang memiliki resiko lebih besar dibandingkan jenis usaha lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar